Judul di atas berdasar sebuah masalah teknis username saat login PLO. Sebelum beranjak lebih lanjut ke inti permasalahan, kita perlu tahu apa itu PLO. PLO adalah kependekan dari paperless office. Seperti namanya PLO adalah sebuah sistem yagn berbasis web yang memindahkan lembar-lembar kertas kerja di kantor ke dalam dokumen-dokumen terupload di website. PLO ini adalah sebuah sistem administrasi perkantoran yagn memudahkan, efisien, dan cepat. Sistem ini telah diterapkan pada situs PLO Kontak. Ini adalah link ke PLO tersebut.

Hal yang sedang dibahas dalam PLO kali ini adalah username yang digunakan untuk login ke PLO. Apakah username yang digunakan adalah nama jabatan atau nama pribadi. Saat topik diskusi ini dilontarkan ke kelas, saya hanya berpikir sederhana bahwa bagaimanapun seseorang yang akan login lebih wajar menggunakan nama pribadi. Login menggunakan nama jabatan menurut saya agak aneh. Tetapi kemudian saya sadar bahwa dalam PLO, login menggunakan nama jabatan memberikan beberapa kelebihan. PLO sendiri adalah representasi lingkungan kerja/office. Karena sifat PLO ini adalah formal lingkungan kerja maka username dengan nama jabatan tentu memberikan kesan professional. Meskipun demikian ternyata keduanya memiliki kelemahan dan kelebihan.

Saya sendiri lebih cenderung untuk menggunakan nama pribadi sebagai username. Hal ini karena

  1. Lebih mudah dipersonalisasi dan lebih manusiawi. Saya menganggap bahwa login dengan nama menunjukkan siapa yang sepenuhnya memiliki akun. Seseorang tentu dapat lebih melakukan personalisasi terhadap akunnya. Karena setiap orang berbeda, itulah alasan utamanya. Jabatan adalah salah satu atribut. Jabatan ini akan diasosiasikan dengan nama pengampu jabatan.
  2. Individu yang menduduki jabatan tertentu akan berganti. Akibatnya, mungkin akan muncul masalah baru apakah akun jabatan yang sama dipakai oleh penerus jabatan tersebut atau akun dan personalisasinya diganti tetapi dengan username jabatan yang sama. Saya masih belum mengerti bagaimana yang terjadi dengan akun orang yang yang nantinya jabatannya diampu oleh orang lain. Apakah usernamenya tetap tetapi akunnya saja yang diubah atau semuanya tetap sama. Lantas, bagaimana dengan informasi pribadi?

Sementara ini, itu dulu alasan saya memilih username dengan nama pribadi. Ada yang mau menambahi?