Pak Prastowo telah menugaskan kami untuk menulis teknik terbaik menurut kami tentang bagaimana menampilkan thread yang panjang di halaman web.  Beliau memberikan dua contoh, facebook dan kaskus.

Sebenarnya masalah ini cukup menarik karena urutan atau mungkin nilai informasi dalam komentar thread itu harus diurutkan dengan urutan tertentu.  Sebagai seorang pengguna internet, saya juga pernah direpotkan oleh masalah komentar thread seperti ini.  sistem paging ala kaskus mungkin bagus tetapi bagaimana kalau waktu yang kita miliki terbatas untuk mengklik halaman selanjutnya.  Terlebih lagi, bagaimana kalau kecepatan koneksi internetnya bak siput.  Sungguh menyedihkan berlembar-lembar page itu di-link-an.   Semua itu hanya menambah sia-sianya infomasi yang ada di sana yang mungkin saja penting tetapi karena berada di urutan ke sekian menjadi tak terbaca.

Sistem ala facebook cukup menarik.  Komentar diurutkan dari atas ke bawah mulai dari yang terlama sampai yang paling baru.  Menariknya, thread lama digulung ke atas, sementara thread baru ditarik ke bawah sehingga kita dapat langsung menuju ke thread terbaru.  Bila ingin membaca thread sebelumnya, klik saja thread di atasnya maka gulungan thread itu akan terbuka.  Akantetapi, untuk dapat membaca thread sebelumnya, kita harus mengklik terlebih dahulu.  Thread tidak langsung dapat ditampilkan.  Hal semacam ini sangat sesuai dengan facebook karena pada facebook tiap thread tergantung pada suatu news dan terdapat banyak news dalam halaman beranda user.  Dengan teknik ini, facebook menjadi lebih ringkas dan ringan ditampilkan.

Komentar-komentar pada blog ditampilkan apa adanya, seluruh komentar ditampilkan dalam satu halaman.  Urutan dari komentar ini diurutkan dari yang paling pertama posting sampai yang paling terakhir posting.   Teknik seperti ini akan menyulitkan pambacaan komentar terbaru tetapi teknik seperti ini lebih memudahkan membaca seluruh komentar secara langsung.  Seseorang tidak perlu mengklik link untuk dapat membaca suatu komentar secara lengkap.  Teknik seperti ini juga digunakan untuk menampilkan komentar pada youtube.com.

Berdasarkan beberapa contoh penampilan thread pada beberapa situs, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai hal ini.

  1. Nilai infomasi kometar thread.  Apakah informasi komentar ini penting atau hanya sekedar sesuatu yang basa-basi.  Teknik penampilan threadnya tentu berbeda karena nilai informasi di dalamnya juga berbeda.  Hal ini berkait dengan tingkat kepentingan ditampilkannya suatu komentar  thread.
  2. Bagaimana urutan kometnara ini ditampilkan apakah urut dari pertama sampai terakhir atau sebaliknya.
  3. Panjang- pendeknya suatu thread.  Thread yang panjang relatif memerlukan suatu teknik khusus untuk menampilkannya.
  4. Bagaimana suatu thread ditampilkan apakah seluruh isi thread ditampilkan langsung seperti tampilan komentar pada blog wordpress.
  5. Pengguna atau pengunjung situs yang biasa mengunjungi halaman situs.  Suatu hal yang penting untuk mengetahui segmentasi paling banyak dari pengunjung situs.  Hal ini akan menentukan tampilan komentar thread bagi pengunjung situs.  Hal ini tentu akan menjadi nilai positif saat komentar thread ditampilkan dengan teknik yang sesuai bagi pengunjungnya.

Berdasarkan beberapa poin tersebut, menurut saya tidak dapat begitu saja menentukan bahwa teknik penampilan thread pada situs A adalah teknik yang terbaik.  Teknik yang terbaik digunakan adalah yang paling sesuai dengan keperluan dan beberapa poin di atas.